Dengan Iman Dan Akhlak kita Menjadi Kuat Tanpa Iman Dan Akhlak Kita Menjadi Lemah La Haula Wala Quwwata IlLa Billah

Input Organisasi Islam


                                Profil Input dalam sebuah organisasi islam 


Input Organisasi Islam

Profil Input dalam sebuah organisasi islam adalah hal penting yang haru dimiliki organisasi karena input adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh organisasi untuk dapat terjadinya ouput. Input organisasi islam meliputi :

  1. Sumber Daya Manusia,  Dalam mencapai tujuan, suatu organisasi islam memerlukan sumber daya manusia sebagai pengelola sistem, agar sistem ini berjalan dan pengelolaanya pun efektif dan efisien.
  2. Sumber daya manusia merupakan asset organisasi yang sangat vital, karena itu peran dan fungsinya tidak bisa digantikan oleh sumber daya lainnya. Betapapun modern teknologi yang digunakan, atau seberapa banyak dana yang disiapkan, namun tanpa sumber daya manusia yang professional semuanya menjadi tidak bermakna.
  3. Lingkungan, pengaruh lingkungan terhadap organisasi sangatlah penting karena lingkungan merupakan elemen-elemen diluar organisasi yang mempengaruhi organisasi islam dan salah satu dasar terbentuknya sebuah organinasi islam dan organisasi pun bergantung pada lingkungan ada.
  4. Nilai-Nilai Dasar, adalah pondasi hidup sebuah organisasi yang merupakan suatu tuntunan atau tuntunan yang mendasari bagaiman seseorang atau sebuah organisasi berfikir, mengambil keputusan, bersikap dab bertindak.
  5. Basis pendukung, merupakan dasar terbentuknya organisasi karena basis masa akan mendukung terbentuknya sebuah organisasi.
  6. Visi dan misi, visi merupakan suatu tujuan jangka panjang. Visi merupakan unsur penting dalam sebuah organisasi karena visi yaitu suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan oleh organisasi islam, dengan visi suatu tujuan organisasi dapat terarah dengan efektif. Misi merupakan upaya untuk menggapai tujuan organisasi. Dengan Misi maka ada metode-metode yang harus dilaksanakan oleh organisasi agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik.
  7. Pedoman organisasi, adalah suatu sandaran yang dipakai oleh sebuah organisasi untuk tercapainya sesuai dengan apa yang di inginkan di organisasi tersebut. Pada organisasi islam, pedoman yang dipakai adalah Al-Quran dan Sunnah. Al-Quran dan Sunnah di jadikan sandaran untuk menjalankan segala kegiatan di organisasi tersebut.
  8. Struktur organisasi, adalah Struktur  suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa. Empat elemen dalam struktur organisasi yaitu : Adanya spesialisasi kegiatan kerja,  Adanya standardisasi kegiatan kerja,  Adanya koordinasi kegiatan kerja, dan Besaran seluruh organisasi.


0 comments:

Post a Comment

Satu kalimat sangat bermanfaat bagi kami

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free TAPAK SUCI PIMDA 144PACITAN Themes | Bloggerized by ANTON SETIAWAN - ANTON SETIAWAN Themes | By ANTON SETIAWAN